Waktu Bukan Hambatan Wanita Karier Optimalkan Tumbuh Kembang si Kecil Ini Cara Pintarnya!

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kebahagiaan terbesar menjadi Orangtua adalah mempunyai kesempatan menyaksikan anak-anak Anda tumbuh. Peran ibu dalam mendidik anak, membentuk karakter, dan keberhasilan tumbuh kembang anak dinilai lebih besar dari pada ayah ataupun anggota keluarga lainnya. 

Hal ini disebutkan atas dasar asumsi bahwa ibu memiliki waktu tatap muka dengan anak relatif lebih banyak daripada anggota keluarga lainnya. Namun, dewasa ini dual carrier family semakin meningkat. Dimana ibu juga turut berperan dalam mencari nafkah.

Sebetulnya peran ganda seorang ibu bukanlah suatu masalah asal dilakukan dengan porsi dan komitmen yang benar, baik saat melakukan perannya baik di rumah maupun di kantor. Curahkan perhatian kepada keluarga saat mengurus rumah terutama kepada si Kecil dan saat di kantor selalu fokus terhadap tugas pekerjaan. 

Lalu pertanyaannya, apakah dengan jumlah waktu yang lebih sedikit dibandingkan seorang ibu yang full meluangkan waktu di rumah seorang ibu karier dengan segala kesibukannya tetap bisa menghasilkan generasi berkualitas? 

Pakar psikologi berkebangsaan Jerman, Erich Neumann dalam bukunya berjudul “The Child” mengungkapkan Usia 20-22 bulan merupakan masa penting hubungan ibu dan anak dalam pembentukan diri individu si kecil. Para ahli social learning berpandangan  bahwa apa yang dilakukan oleh ibu terhadap anaknya merupakan proses yang diadopsi oleh si anak melalui proses social-modelling.

Pengertian singkatnya cara ibu mengasuh sangat berperan, apakah dengan penuh kelembutan, kesabaran dan kasih sayang ataukah dengan caci maki,kekerasan, dan amarah serta penolakan akan membentuk perilaku anak. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan perhatian kepada si kecil walaupun Anda sibuk berkarier. Apa saja sih #CARAPINTARMAM dukung fondasi belajar si Kecil ? 

Alokasikan waktu khusus hanya untuk si kecil 

Aktivitas sehari-hari tentu harus pintar-pintar membuat mengatur waktu dengan si kecil. Tapi, bukan alasan saat weekend, curahkan waktu penuh tersebut untuk mengajak anak beraktvitas, seperti bermain permainan ketangkasan untuk melatih gerak motorik kasar maupun halus. Atau bilas dirasa waktu weekend kurang manfaatkan saja waktu cuti untuk bersama si kecil. 

Biarkan si kecil tahu bahwa Anda peduli 

Tentu bukan dengan cara membelikan berbagai macam barang, ingat ini adalah interaksi dengan anak usia 1-3 tahun di mana bentuk perhatian jauh lebih berharga baginya. Bangun bentuk kepedulian seperti segera mengobati bila ia terluka dengan lembut dan penuh kasih atau menyuapinya makan dengan sabar. Dengan begitu si kecil akan merasa istimewa. 

Belajar Bersama 

Setiap anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Namun, mereka tidak dapat belajar sendiri tanpa panduan dari Anda sebagai orang tuanya. Dia akan mencontoh apa yang Anda lakukan sehari-hari. Untuk itu, ajak anak dan berikan mereka saran mengenai nilai-nilai positif dalam kehidupan. 

Perhatikan nutrisi si kecil 

Usia dini merupakan periode terpenting terbentuknya fondasi awal kepintaran si kecil. Pada periode ini dukungan ibu sangat dibutuhkan. Tak cukup dengan stimulasi belajar tapi juga harus didukung dengan nutrisi agar proses belajarnya si kecil lebih siap.

Untuk itu memilih nutrisi yang tepat bantu si kecil mencapai tumbuh kembang optimal. S-26 Procal dengan Nutrissentials mengandung tinggi protein, tinggi kalsium dan vitamin D; Dengan asam linoleate dan asam linolenat, zat besi, Iodium, tinggi Zink, dan Vitamin B12. 

9 dari 10 mams merekomendasikan S-26 Procal dengan Nutrissentials. Seperti pengalaman salah satu mam asal Kota Kediri yang merasakan manfaat S-26 Procal dengan rasanya yang nikmat menjadi favorit buah hatinya. 

“Susu S-26® Procal® memang beda. Mulai dari aroma, rasa, dan harga yang cukup terjangkau. Awalnya anak saya tidak mau minum susu. Mungkin karena bosan dengan rasanya. Namun setelah mencoba susu ini langsung doyan.” Ujar Ibu Mardiyah, di Kediri. 

Mam bisa melihat review dari mams lain yang sudah mencoba S-26 Procal di sini

Selain itu mam bisa mencari tahu tentang Info selengkapnya mengenai Cara Pintar Mam di sini ya.

Jadi, waktu bukanlah alasan untuk bisa membuat si Kecil mencapai tumbuh kembang optimal, konsistensi dalam memberikan yang terbaik mulai dari inspirasi, stimulasi, dan nutrisi jadi kunci tumbuh kembang mereka.

(Adv)