Catat, Perlengkapan yang Penting Dibawa Relawan Gempa Palu

Liputan6.com, Jakarta Pasca gempa Palu dan beberapa wilayah lain di Sulawesi Tengah, tenaga kesehatan dan relawan datang dari berbagai daerah untuk membantu menangani korban. Kondisi fisik dan mental perlu juga disiapkan relawan.

Serangkaian persiapan untuk membantu korban gempa Palu perlu dilakukan matang mengingat kondisi area lokasi terdampak mengalami kerusakan.

Tak hanya terkait jumlah korban jiwa, terganggunya infrastruktur, dan kerusakan berat pada bangunan. Tapi juga listrik padam, PDAM tidak berfungsi, SPBU tidak beroperasi, pasokan air minum terganggu, serta tempat tinggal terbatas.

Untuk menghadapi operasi penanganan darurat bencana pasca gempa dan tsunami Palu, relawan juga perlu membawa perbekalan yang cukup agar optimal bekerja. Menurut Avianto Amri dari Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) menyebutkan ada perlengkapan yang penting dibawa relawan seperti dikutip dari rilis yang beredar di grup media. 

Dokumen yang perlu dibawa antara lain artu Identitas (KTP dan/ atau SIM), surat tugas, surat keterangan dari dokter (apabila memiliki penyakit kronis, seperti hipertensi, diabetes), asuransi kesehatan, kacamata cadangan, uang tunai yang cukup selama masa penugasan, buku dan alat tulis. Peta wilayah dan daftar nomor telepon penting (posko, tim di lapangan) juga diperlukan

Saksikan juga video menarik berikut:

Gempa dan Tsunami menghantam Palu dan Donggala. Bencana alam tersebut menyebabkan ratusan orang meninggal, dan serta bangunan rusak berat.