Sebelum Pergi ke Daerah Terdampak Gempa, Relawan Perhatikan Dulu 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Relawan maupun orang-orang yang menuju ke wilayah terdampak gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan sekitarnya di Sulawesi Tengah juga harus mempersiapkan diri. Salah satunya adalah dengan persiapan fisik agar prima.

Mengutip rilis dalam laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Senin (8/10/2018), paling tidak ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan tim yang bertugas ke lokasi terdampak gempa di Sulawesi Tengah.

1. Daerah Endemis Malaria

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr Anung Sugihantono mengatakan, wilayah terdampak gempa tersebut adalah daerah endemis malaria.

“Sempatkan minum prophylaxis obat malaria, meski tidak di semua daerah di sana adalah daerah endemis,” kata Anung.

Meskipun beberapa daerah di sekitar Palu seperti Donggala dan Parigi Moutong merupakan daerah endemis malaria dengan endemisitas rendah, ketika terjadi perubahan ekosistem pascabencana, vektor juga bisa terpengaruh.

“Harus menjadi perhatian terhadap malaria yang ada di sana, terutama juga karena ada vektor dan ada relawan yang barangkali berasal dari daerah-daerah lain yang carrier, itu juga harus menjadi perhatian kita semuanya,” ujar Anung.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Relawan dan polri ajarkan anak korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah mengatasi trauma.