Lensa Kontak atau Kacamata, Mana yang Lebih Aman?

Liputan6.com, Jakarta “Enggak niat pakai lensa kontak. Takut aja. Banyak kejadian yang habis pakai lensa kontak, matanya infeksi atau lensa kontak yang nyangkut di dalam mata. Ngeri kan. Lagi pula aku bingung, bagaimana caranya pakai lensa kontak? Kecil banget lensa kontak dan harus hati-hati. Aku juga suka kucek-kucek mata. Jadi, lebih aman pakai kacamata.”

Jawaban itulah yang disampaikan Pras (23) saat Health Liputan6.com bertanya, ‘Kenapa tidak pakai lensa kontak?’ Pras lebih nyaman menggunakan kacamata dibanding lensa kontak. Ia mengalami mata minus sejak SD. Ia pun harus menggunakan kacamata. Mata kiri Pras sekarang minus 4,5 dan mata kanan lebih dari minus 4,5.

Menilik penggunaan lensa kontak dan kacamata, Wakil Ketua Komite Mata Nasional, Aldiana Halim menyarankan, lebih aman menggunakan kacamata. Lensa kontak dapat digunakan bila ada indikasi medis tertentu.

“Saya pribadi tidak menyarankan penggunaan lensa kontak, kecuali pasien punya indikasi medis tertentu. Indikasi medis seperti minus terlalu tinggi dan harus pakai kacamata yang tebal banget. Minus mata kiri-kanan beda jauh, misalnya mata kiri minus 1,5 dan mata kanan minus 7,” tegas Aldi, sapaan akrabnya usai acara konferensi pers Hari Penglihatan Sedunia 2018 di Kementerian Kesehatan, Jakarta pada 2 Oktober 2018.

Jika kondisi pasien cukup baik dan tidak ada masalah menggunakan kacamata, maka gunakan saja kacamata. Kacamata lebih nyaman dan aman. Anda bebas memakai dan mencopot kacamata dengan mudah. Yang lebih nyaman, Anda bisa ganti frame (bingkai) dan bentuk lensa kacamata yang tengah tren.

“Nah, bisa lebih gaya juga kan pakai kacamata. Modelnya (frame dan lensa kacamata) macam-macam,” lanjut Aldi.

Kemudahan penggunaan kacamata terlihat dari cara membersihkan lensa kacamata. Anda tidak perlu pembersihan khusus kacamata, cukup dengan cairan pembersih kacamata atau air biasa. Dilansir dari WebMd, Anda dapat memilih bingkai kacamata sesuai gaya pribadi. Jika penglihatan tetap sama (tidak ada keluhan penglihatan kabur), maka tidak perlu sering mengganti kacamata.

Meski Anda mungkin tidak menyukai beban kacamata yang terasa berat di hidung atau terlalu menekan telinga, Anda dapat melepas kacamata dengan mudah dan menaruhnya kapan saja. Dari segi harga, kacamata bisa lebih murah dibanding lensa kontak.

Memperingati Hari Penglihatan Sedunia 2018 pada 9 Oktober, jurnalis Liputan6.com menayangkan tulisan khusus seputar isu kesehatan mata. Artikel ini merupakan tulisan KEEMPAT – TERAKHIR dari empat rangkaian tulisan. Tulisan keempat memaparkan, penggunaan lensa kontak dan kacamata.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video menarik berikut ini:

Ia menari-nari disekitar taman dengan mengenakan sepatu tinggi, rok, dan sepasang kacamata.